Selasa, 13 Oktober 2015

Musang dan Seekor Ular Kobra

Seekor musang memiliki empat anak yang masih bayi umur mereka masih sekitar dua minggu mereka tinggal di sarang yang ibu mereka buat sarang itu adalah dibuat dengan cara menggali tanah dan membuat lubang tidak terlalu besar di dalamnya sarang mereka dibuat sedemkian rupa agar anak-anak musang itu terlindungi dari para pemangsa dan agar selalu hangat ketika diluar sarang sangat dingin ibu musang itu selalu memberikan susu terbaik bagi mereka agar bayi-bayi musang itu tumbuh sehat. Ibu musang itu selalu berjaga di dekat sarang sambil mencari beberapa makanan untuk dirinya. Ayah bayi-bayi musang itu sibuk mencari makanan utama untuk dirinya dan ibu musang tersebut setiap hari dia harus meninggalkan sarang.
Satu ketika dikala sore telah tiba induk musang keluar mencari makanan dia meninggalkan sarang meskipun tidak terlalu jauh jarak sarang dari tempatnya mencari makanan. Sebelum sang ayah musang kembali membawa makanan dia mencari cemilan seperti serangga dari kejauhan terlihat seekor ular kobra yang sangat panjang dan besar melata mendekati sarang musang, induk musang itu mengetahui jelas tujuan ular kobra itu, ular itu ingin sekali memakan anak-anaknya segera musang itu berlari ke arah ular itu lalu ke duanya saling berhadapan satu sama lain. Musang itu mengitari tubuh ular yang panjang itu “Apa yang akan kau lakukan kau terlihat mendekati sarang ku sepertinya kau akan memakan bayi-bayiku?” Tanya sang musang dengan geram “Ya aku akan memakan bayi-bayimu yang lezat itu sebaiknya kau minggir atau aku juga akan memakanmu!” ancam ular itu kepada sang musang sambil mendesis.
Sang musang langsung mencakar bagian ekor ular kobra itu “Pergilah dari sini ular atau aku akan mencabik-cabik tubumu”. Ancam sang musang kepada ular namun sang ular malah marah dengan kelakuan musang terhadapnya dia meninggikan kepalanya mendesis dan bersiap untuk menyerang saat itu pula sang musang berteriak-teriak memberi tanda bahaya dan meminta bantuan sang musang jantan untuk segera menolongnya mendengar tanda bahaya itu musang jantan berlari dengan cepatnya ke arah suara itu sementara sang musang betina itu berkelahi dengan ular kobra yang besar dan panjang. Musang betina itu terlihat kelelahan dan sangat mudah diserang, ular itu bersiap untuk menggigitnya ketika kepalanya meluncur ke arah musang betina tiba-tiba dari arah samping kepala ular itu ditangkap dan digigit oleh musang jantan, musang jantan itu sama sekali tidak memberi ampun kepada sang ular dia terus saja mencakar tanpa melepaskan gigitannya.
Ular kobra itu meronta-ronta dan akhirnya lepas dari cengkraman musang jantan lalu ular itu lari dari musang jantan yang melukai kepalanya dengan sangat parah. Musang itu tidak mengejar ular itu namun dia berpikir bahwa ular itu tidak akan berani mendekati sarangnya lagi.
Pesan moral dari Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Musang dan Seekor Ular Kobraadalah kasih sayang orang tua terhadap anak-anaknya sangatlah besar. Orang tua selalu berkorban untuk keamanan dan kebahagiaan anak-anaknya.

sumber: http://dongengceritarakyat.com/kumpulan-cerita-rakyat-nusantara-pendek-fabel/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar